Minggu, 21 November 2010

pRODUK DAN SPESIFIKASINYA

Latar belakang


Pencernaan tak lancar dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Menurut ahli gizi dr. Elvina Karyadi, pola hidup harus diperbaiki dengan banyak makan serat. Dalam tubuh manusia, kata Prof. Dr. Betty Sri Laksmi Jenie, pakar mikrobiologi IPB, selain bakteri jahat, terdapat bakteri baik atau probiotik yang akan menekan kuman penyakit dan memperbaiki sistem pencernaan. Untuk membantu kesehatan pencernaan, Danone meluncurkan Yogurt Activia, Rabu (23/1), yang akan membantu menyeimbangkan kandungan bakteri di usus. Hadir pula Thierry Montage, Marketing Director PT Danone Indonesia.
Dibandingkan dengan negara-negara lain, konsumsi yogurt di Indonesia masih tergolong sangat rendah, padahal yogurt bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, ditambah lagi yogurt sebenarnya sudah dikenal sejak lama di Indonesia. Activia juga merupakan ajang pengenalan tentang pentingnya pencernaan yang lancar, selain itu juga mengingat ibu merupakan penjaga gerbang kesehatan keluarga sekaligus pembimbing pola hidup sehat bagi anggota keluarganya."
Saat ini kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kesehatan pencernaan masih tergolong rendah. Gangguan pencernaan berupa buang air besar yang tidak teratur dianggap sebagai hal yang biasa, dan masyarakat cenderung mengatasi masalah gangguan pencernaan hanya dengan mengkonsumsi obat-obat pencernaan, tidak dengan merubah gaya hidupnya.
Cara untuk membuat pencernaan menjadi lebih lancar dan teratur adalah dengan merubah gaya hidup dan pola makan yaitu dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan, minum air yang cukup serta diimbangi dengan berolahraga dan mengkonsumsi yogurt probiotik secara rutin..
Salah satu rekomendasi PGI adalah konsumsi yogurt probiotik yang mengandung Bifidobacterium animalis lactis DN-173010. Hal ini disampaikan dalam pertemuan pakar Gastroenterologi Indonesia yang berlangsung pada 4-6 Juni 2010 lalu. Yogurt yang mengandung bahan tersebut adalah yogurt Activia dari Danone. Activia sendiri telah teruji klinis membantu memperlancar pencernaan secara teratur dalam waktu 2 minggu jika dikonsumsi setiap hari sebagai bagian dari hidup sehat dan seimbang. Activia bekerja dengan cara mempersingkat transit time sisa makanan dalam usus. Selain itu, probiotik Bifidobacterium animalis lactis DN-173010 mampu bertahan hidup dalam lambung, usus dan juga masih ditemukan dalam keadaan hidup dengan jumlah yang banyak dalam feses manusia dimana tidak semua probiotik memiliki kemampuan seperti ini.



Apa Activia ..??

Activia adalah yogurt probiotik pertama di Indonesia yang mengandung dua kultur umum yogurt (Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus) dan 1 strain Probiotik Bifidus Lactis animalis DN 173 010, menjadikan Activia itu unik dari produk yogurt pada umumnya.
Probiotik ini terbukti secara klinis dapat mempercepat waktu singgah dalam usus (transit time) dan meningkatkan frekuensi BAB pada pasien IBS yang disertai dengan konstipasi*. Sehingga Activia direkomendasikan oleh Persatuan Gastroenterologi Indonesia (PGI) dalam Tata Laksana Penanganan Konstipasi dan Irritable Bowel Syndrome (IBS).
Yogurt aman untuk lambung, bahkan mempertahankan fungsi saluran cerna. Karena mengandung probiotik atau bakteri baik yang akan menjaga kesehatan pencernaan, bahkan bagi mereka yang menderita Intolerant Lactose. Karena kadar lactose acid yogurt relatif lebih rendah. Lambung manusia mengandung ph 1 sedangkan yogurt memiliki ph 4. Jadi yogurt cukup aman bagi lambung. yogurt tidak hanya menjaga kesehatan pencernaan, namun banyak nutrisi lainnya seperti kalsium, protein, karbohidrat, mineral dan vitamin lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh.
Konsumsi asupan harian yang mengandung probiotik merupakan salah satu cara untuk memperlancar pencernaan. Pasalnya, probiotik mengandung mikroorganisme hidup yang bekerja meningkatkan kesehatan dengan cara menjaga dan memperbaiki keseimbangan flora dalam usus.
ACTIVIA memenuhi persyaratan tersebut. Yogurt Activia mengandung probiotik ekslusif Acti Regularis™ yang telah terbukti secara ilmiah membantu memperlancar pencernaan di lebih 20 negara. Dengan memilih yogurt yang benar maka kesehatan Anda juga keluarga semakin terjaga.

Manfaat Activia

Mengkonsumsi Activia 2x sehari selama 14 hari telah terbukti secara ilmiah melancarkan proses pencernaan pada wanita lebih dari 40%.
Activia juga mengandung nutrisi standar yang berkualitas, yang didapat secara alami dari produk-produk mengandung susu (dairy) seperti protein dan kalsium. Activia juga tidak mengandung bahan pengawet ataupun pemanis buatan.
Activia terdapat dalam kemasan cup (krim yogurt) dan botol (minuman yogurt), dengan tiga pilihan rasa lezat: JERUK, MANGGA, dan STROBERI. Nikmati Activia sebagai sarapan, hidangan pencuci mulut, maupun santapan ringan. Activia aman, sehat, dan lezat untuk anda dan keluarga Anda.




Karena tubuh yang sehat

dimulai dari pencernaan yang sehat





Target pasar Acticvia
Produsen produk yogurt Activia berupaya keras untuk mendapatkan predikat sebagai pemimpin pasar dengan melakukan berbagai upaya pemasaran (marketing effort) untuk membangun ekuitas mereknya. Tujuan pembentukan ekuitas merek yogurt Activia yang tinggi adalah untuk memperebutkan pangsa pasar yogurt dan menjadi pemimpin pasar di industri yogurt. Berbagai upaya pemasaran yang telah dilakukan oleh pihak manajemen produk yogurt Activia tersebut perlu di evaluasi tingkat keberhasilannya.

Barometer tingkat keberhasilan dari upaya pemasarannya dapat di lihat dari apakah berbagai upaya pemasaran tersebut memiliki pengaruh yang positif terhadap pembentukan ekuitas mereknya ataukah sebaliknya. Sejauh mana pengaruh dari berbagai upaya pemasaran yang telah dilakukan tersebut perlu di ukur dan di evaluasi keberhasilannya agar strategi pemasarannya bisa menjadi lebih efektif dan terarah. Salah satu cara untuk mengukur keberhasilan upaya pemasaran yang telah dilakukan terhadap pembentukan ekuitas merek adalah dengan menganalisis persepsi konsumen terhadap merek produk yogurt Activia atau customer based brand equity (CBBE) yang salah satunya adalah dengan menggunakan model CBBE yang diadopsi dari Yoo at al (2000).
Alasan mengkonsumsi produk yogurt adalah manfaat kesehatan, keenakan rasa, kemudahan memperoleh produk, solusi BAB dan faktor harga. Kelima alasan tersebut merupakan beberapa alasan yang mendominasi responden dalam mengkonsumsi produk yogurt. Beberapa responden juga menyatakan bahwa mengkonsumsi yogurt merupakan bagian dari gaya hidup moderen. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa ada beberapa responden yang menyatakan alasan mereka mengkonsumsi yogurt adalah tanpa direncanakan terlebih dahulu, yaitu karena dengan melihat display produk yogurt di toko. Jumlah pembelian yogurt per bulan oleh responden adalah di bawah 8 bungkus per bulan. Kebanyakan responden menyatakan bahwa pembelian yogurt paling banyak mencapai 2- 4 bungkus dengan frekwensi pembelian berkisar 0-2 kali dalam sebulan. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa masih banyak responden yang menyatakan frekwensi pembelian yogurt-nya adalah tidak menentu.

Sejauh ini hampir semua produk yoghurt di pasar belum mengomunikasikan fungsi kesehatan khusus, seperti untuk memperlancar buang air besar. “Umumnya produk yoghurt lain yang telah ada di pasar lebih banyak mengomunikasikan kegunaannya bagi kesehatan secara umum. Karena itu, tim pemasar Activia kini lebih menekankan edukasi pasar. Demi membangun brand awareness Activia itulah timnya rajin mempromosikannya di media massa. “Promosi above the line (ATL) kami nomorsatukan demi membentuk brand awareness. Hampir 80% dari biaya promosi kami alokasikan untuk promosi ATL”, Bayu menjelaskan.
Promosi Activia terutama melalui iklan di televisi. Selain itu, Activia juga melakukan technical promotion di majalah dan radio untuk mengundang masyarakat agar datang ke toko-toko tertentu tempat diadakannya kegiatan sampling Activia.

1 komentar:

  1. Hai Andri..
    perkenalkan saya Amanda..
    saya bermaksud untuk mengundang kamu agar hadir dalam acara Blogger Day dengan tema stay happy and healty pd bulan Juli.

    Terimaksh sblumnya
    (amandaandomoecth@yahoo.co.id)

    BalasHapus