Rabu, 24 April 2013

Tugas Bahasa Indonesia 2 #



1.       Menghargai diri sendiri
Mulailah dengan menghargai diri sendiri. Caranya adalah dengan menyukai apa yang ada pada diri kita. Anggaplah apa yang ada pada kita adalah yang terbaik diberikan Tuhan. Untuk itu kita harus menghargainya. Jika kamu menilai diri kamu sendiri secara negatif, itu berarti penghargaan dirimu rendah. Karena itu kamu perlu merubahnya dengan meningkatkan penghargaan dirimu.  Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan berhenti memusuhi dirimu sendiri. Jangan menyalahkan dirimu waktu kamu gagal. Jangan merendahkan dirimu sendiri ketika segala sesuatu terjadi tidak berjalan sesuai dengan yang kamu inginkan. Meningkatkan penghargaan diri perlu upaya, tetapi kamu bisa melakukannya jika mau.


Caranya :
  • Datalah keunggulan dan kekurangan yang kamu miliki. Ambillah selembar kertas. Buatlah garis memanjang dari atas ke bawah persis di tengah kertas. Di sisi sebelah kiri atas tulislah ” yang kusukai dari diriku sendiri”. Pada sisi kanan tulis ” yang tidak kusukai dari diriku sendiri”. Lalu isilah kolom-kolom itu. Kalau kamu merasa bakal menghadapi kesulitan dengan contoh-contohnya, bertanyalah pada temanmu, orang tuamu atau orang dewasa lain yang kamu percayai. Jangan sampai kamu menulis hal-hal negatif lebih banyak dari hal-hal positif. Kamu bisa menambah hal-hal baru kapan saja. Minggu depannya di sisi kiri kertas, tulislah tanda plus setiap kali kamu melakukan sesuatu yang membuatmu senang. Begitu juga jika terdapat kemajuan pada sisi positifmu. Cobalah lihat berapa banyak tanda plus yang bisa kamu kumpulkan dalam seminggu. Ini adalah cara yang bagus untuk mengetahui seberapa banyak kebajikan yang benar-benar kamu lakukan. Berkompetisilah sedikit dengan dirimu sendiri. Cobalah tingkatkan jumlah “plus”  yang bisa kamu kumpulkan tiap minggu. Jadi kamu bisa main-main sambil meningkatkan penghargaan dirimu. Ini adalah penilaian pribadimu. Tidak ada orang lain yang harus melihatnya atau mengetahui keberadaannya. Setiap malam, lihat kembali apa yang sudah kamu lakukan pada hari itu. Puji dirimu sendiri atas prestasimu dan berjanjilah untuk lebih meningkatkan yang lainnya.
  • Belajarlah menjadi lebih tegas. 
  • Belajarlah mengatakan hal-hal yang positif  kepada dirimu sendiri. Ini merupakan langkah penting menuju pelejitan penghargaan diri. Jangan biarkan bisikan lirih ke kepalamu “aku nggak bisa”, “aku gagal”. 
  • Tetapkan diri menuju sukses. Tetapkanlah sasaran realitas sederhana yang bisa kamu wujudkan. Misalnya selama ini kamu menjauhi seseorang karena kamu takut mengatakan sesuatu yang kedengarannya bodoh. Sasaran pertamamu mungkin cuma tersenyum dan mengatakan “halo”, Lalu wujudkan sasaran itu kemudian pujilah dirimu sendiri. 
  • Bertanggung jawab terhadap perilakumu yang baik dan yang buruk,. Ketika kamu bersedia mengakui kesalahan ketika kamu salah, kamu benar.
  •  Hormati dirimu sendiri. Berpegang teguhlah terhadap apa yang menurutmu benar. Jangan biarka orang lain mempengaruhi lewat tekanan teman-teman dan membujukmu untuk melakukan sesuatu demi popularitas atau status.
  • Bantulah orang lain. Tiap kali kamu menolong orang lain, kamu juga menolong dirimu sendiri.
  • Belajarlah menyelesaikan persoalanmu sendiri. Gunakanlah cara yang cepat untuk menyelesaikan masalah. Jika kamu ragu dengan keputusanmu, mintalah pendapat temanmu, atau orang lain yang dipercaya. Dengarkan dengan seksama, tetapi apa yang disampaikannya bukanlah keputusan, itu hanya pendapat, karena keputusan sebenarnya ada di tanganmu. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar