Jumat, 29 November 2013

Kasus Bisnis Online

Waspada dengan bisnis online

Saya pernah beberapa kali membaca sales letter yang menawarkan sebuah bisnis online yang katanya bisa memberikan penghasilan luar biasa pada para membernya. Tidak tanggung-tanggung, di sales letter itu disebutkan bahwa penghasilan dari bisnis online tersebut bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan juta per bulan walaupun baru dijalankan sebulan atau bahkan kurang. Di sana juga sempat saya baca beberapa testimonial dari beberapa member yang ’sudah berhasil’ mendapatkan penghasilan puluhan hingga ratusan juta perbulan, fantastik!

Dan uniknya, di sales letter itu juga disebutkan bahwa bisnis online tersebut sangat mudah, cukup dengan membeli sebuah software, jalankan softwarenya, maka uang akan mengalir ke rekening kita. Tidak diperlukan keahlian, cukup kemampuan mengetik saja dan mau membeli software ‘luar biasa’ itu. Bahkan untuk menjalankan bisnis ini kita bisa duduk santai di rumah, doing nothing. It sounds to good to be true, isn’t it?

Bisnis online itu hampir sama dengan bisnis offline, untuk bisa berhasil perlu kerja keras dan cerdas secara konsisten dan persisten, yang membedakan adalah medianya. Dasar pengetahuan yang memadai dan juga modal materiil juga menjadi faktor penting dalam menjalankan sebuah bisnis online. So, kalau ada bisnis online yang bisa menghasilkan puluhan juta perbulan hanya dengan menjalankan software tanpa mengerti tentang dasar bisnis online, tanpa kerja keras, tanpa ribet, siapa yang mau melakukan bisnis online ini? Semua orang juga mau!

Sayangnya, bisnis seperti ini tidak pernah ada, kecuali dalam dunia khayalan hehehe. Bisa saya katakan si pembuat sales letter adalah seorang SCAMMER atau PENIPU.

Penipuan Berkedok Bisnis Online

Pengguna internet yang semakin meningkat ternyata membuka kesempatan yang lebih besar bagi para penipu online untuk mendapatkan uang dari internet. Ada banyak sekali pengguna internet yang mencari peluang bisnis online, dan ini memberikan ide bagi para scammer untuk meraup keuntungan.

Ada banyak modus penipuan di dunia maya, mulai dari toko online hingga penawaran bisnis online. Tapi menurut saya yang paling memprihatinkan itu adalah penipuan berkedok bisnis online. Sudah banyak orang yang terjebak di dalamnya tapi tidak menyadari apa yang sedang terjadi. Bahkan ketika diingatkan, si korban malah tetap yakin bahwa bisnis ‘cepat kaya’ yang sedang dijalankannya bukanlah SCAM.

Bagi teman-teman yang ingin memulai bisnis online, sebaiknya Anda lebih kritis dalam membaca sebuah sales letter. Bahasa marketing seringkali menghanyutkan dan bisa mempengaruhi emosi sehingga kita terjerumus dalam bisnis online yang tidak jelas dan merugikan. Sebaiknya kita pelajari dulu bisnis apa yang ditawarkan oleh seseorang, jangan mudah terpedaya dengan iming-iming penghasilan besar dengan cepat dari bisnis online yang Anda sendiri bahkan belum mengerti.

Jadi kesimpulan yang saya ambil sebaiknya sebelum kita memutuskan untuk bergabung dalam sebuah jenis bisnis online, sebaiknya Anda mengumpulkan informasi mengenai bisnis yang akan Anda ikuti. Pertimbangkan juga untuk bertanya atau berkonsultasi pada orang yang punya pengalaman dalam bisnis internet. Rekomendasi dari mereka yang punya kompetensi di bidang bisnis online adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita perhatikan.

Jika bisnis online tersebut sangat sedikit yang merekomendasikan, atau bahkan sama sekali tidak ada yang merekomendasikan, maka jangan pernah berpikir untuk bergabung dan menjalankannya. Rekomendasi dari orang lain, apalagi mereka yang sudah berpengalaman di bisnis online, adalah sebuah sinyal apakah bisnis tersebut baik atau tidak untuk Anda jalankan.

Menjadi diri sendiri dan melakukan bisnis dengan cara sendiri memang baik, tapi belajar dari pengalaman orang lain akan sangat berguna dalam membangun bisnis online yang lebih berhasil. Saya mengutip pesan bang napi, “Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat si pelaku, tapi juga karena ada kesempatan… waspadalah, waspadalah”. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman terhindar dari penipuan berkedok bisnis online.

Memang bisnis online tidak semua penipuan, tapi lebih baiknya kita mencari tahu dan waspada sebelum terjadi dan merugikan kita sendiri.




1 komentar:

  1. Saya juga pernah bergabung dengan sebuah bisnis MLM. Yang katanya akan di bimbing dan di bantu sampai sukses tapi nyatanya enggak. Yang ada malah uang saya 500rb hilang.

    BalasHapus