Sabtu, 15 Desember 2012

Proposal Metode Riset



Nama  : Andriani Juanurly
NPM    : 10210756
Judul  : Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Pada Convenience Store 7eleven
Penulis: Chaulanissa, Cyndia
Tanggal: 5-May-2012
Motivasi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor Produk, Harga, Tempat, Promosi, Kebudayaan, Sosial, Pribadi, dan Psikologis terhadap keputusan pembelian pada convenience store 7ELEVEN. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner yang berhasil dikumpulkan berasal dari 150 responden, dan yang dapat digunakan adalah 125 kuesioner. Teknik penetapan responden menggunakan teknik sampel acak sederhana. Pada tahap analisis dilakukan uji reliabilitas dan validitas, uji normalitas, uji model fit dan uji regresi. Aplikasi SPSS 17 dan AMOS 18 digunakan untuk membantu pengujian model ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada lima faktor yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada convenience store 7-Eleven yaitu faktor produk, lokasi, promosi, sosial, dan psikologis. Sedangkan untuk 3 faktor lainnya yaitu faktor harga, budaya dan pribadi tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada convenience store 7-Eleven.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku
konsumen yang terdiri dari faktor Produk, Harga, Tempat, Promosi, Kebudayaan, Sosial,
Pribadi, dan Psikologis terhadap keputusan pembelian pada convenience store 7ELEVEN.
Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner yang berhasil
dikumpulkan berasal dari 150 responden, dan yang dapat digunakan adalah 125
kuesioner. Teknik penetapan responden menggunakan teknik sampel acak sederhana.
Pada tahap analisis dilakukan uji reliabilitas dan validitas, uji normalitas, uji model fit
dan uji regresi. Aplikasi SPSS 17 dan AMOS 18 digunakan untuk membantu pengujian
model ini.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada lima faktor yang memiliki pengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada convenience store 7-Eleven yaitu
faktor produk, lokasi, promosi, sosial, dan psikologis. Sedangkan untuk 3 faktor
lainnya yaitu faktor harga, budaya dan pribadi tidak memiliki pengaruh secara
signifikan terhadap keputusan pembelian pada convenience store 7-Eleven.


Latar Belakang Masalah
Dalam dunia bisnis, strategi marketing memang mempunyai peranan yang sangat penting. Salah satu peranannya bagaimana mendapatkan perhatian dan ketertarikan dari calon konsumen. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memilih beberapa cara ekstrim untuk menarik simpati para konsumen.
Dengan semakin majunya peradaban manusia dan perubahan lingkungan yang terjadi setiap saat akan membawa perubahan terhadap perilaku perubahan manusia baik secara individual atau sosial. Perilaku kehidupan yang selalu berubah ini yang dipengaruhi adanya perkembangan teknologi yang mempengaruhi perilaku dan pola hidup konsumen dalam memilih barang dan tempat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.  Globalisasi merupakan realita yang harus dipahami oleh para pemasar. Hal tersebut membawa dampak persaingan yang semakin ketat dalam berusaha untuk mendapatkan konsumen dari setiap barang dan jasa yang dipasarkan.
Perkembangan dunia perdagangan dewasa ini sangat besar pengaruhnya terhadap pola hidup masyarakat, begitu pula dengan marketing mix yang juga semakin beragam. Konsumen diberikan kemudahan untuk mendapatkan barang-barang yang sesuai dengan hoby konsumen tersebut contohnya seperti dirrect selling yaitu penjualan langsung atau face to face. Dewasa ini semakin diyakini bahwa kunci utama untuk memenangkan persaingan adalah memberikan nilai dan kepuasan pelanggan melalui penyampaian produk dan jasa, kualitas pelayanan dan harga yang bersaing. Dalam persaingan yang semakin ramai akan menjadikan kualitas pelayanan sebagai aspek penting dalam melangsungkan kegiatan perusahaan.
Didalam dunia bisnis penjualan atau pemasaran sangat penting, sehingga banyak cara yang sering ditempuh untuk memperbaiki sistem penjualan di sebuah perusahaan. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat, banyak perusahaan yang menggunakan atau memanfaatkan teknologi tersebut dalam memperbaiki sistem di perusahaan tersebut.
Pada dasarnya Tazkia adalah perusahaan yang berbasis Syariah dan Tazkia memiliki beberapa group, yaitu Tazkia Tour and Travel, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia, Tazkia Publishing, Tazkia Book Netwok, dan lain-lain. Tazkia book network adalah salah satu dari Tazia Group, dan Tazkia Book Network adalah satu-satunya distributor dari buku yang diterbitkan oleh Tazkia Publishing, dengan sistem Directselling (penjualan secara langsung).
Saat ini buku yang diterbitkan oleh Tazkia Publishing dan didistribusikan oleh Tazkia Book Network adalah Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW, “The super Leader Super Manajer” dan Ensiklopedia Peradaban Islam. Buku yang diterbitkan oleh Tazkia adalah buku asli karya anak bangsa dan bukan terjemahan.
Penulis dari buku – buku yang diterbitkan oleh Tazkia Publishing dan didistribusikan oleh Tazkia Book Network adalah karya Dr. Muhammad Syafii Antonia dan Tim Tazkia. Karena buku yang di terbitkan oleh Tazkia adalah Buku yang bertemakan tentang islam, maka pembaca dari buku-buku Tazkia adalah  orang-orang yang beragama islam atau umat muslim.
Dengan ini penulis memberikan pandangan tentang kekauratan marketing mix yang dilakukan para marketing di Tazkia Book Network untuk mempromosikan atau menjual buku secara direct selling (Penjualan Langsung)
Oleh karena itu, Saya penulis merasa tertarik untuk mengkaji lebih mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dilakukan di Tazkia Book Network dengan mengambil judul “PENGARUH MARKETING MIX DAN KUALITAS
PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM PENJUALAN BUKU DI TAZKIA BOOK NETWORK”

B. Pembatasan Masalah
Untuk mempermudah dan menghindari kemungkinan terjadinya
kesalahan dalam penafsiran judul, maka masalah-masalah dalam penelitian
ini dibatasi pada :
1. Marketing mix menurut (Philip Kotler, 1997:82) yaitu, Produk, harga
lokasi dan promosi karena adanya keterbatasan waktu peneliti hanya
akan meneliti empat faktor yang merupakan atribut-atribut Ensiklopedia di Tazkia Book Network. Empat faktor tersebut adalah produk, harga, lokasi,
promosi.
2. Kualitas pelayanan menurut (Philip Kotler, 2001:49) mengemukakan
bahwa kualitas pelayanan terdiri dari dua sisi, yaitu produsen dan dari
konsumen. Karena adanya keterbatasan peneliti hanya akan meneliti
tentang keramahan, kecakapan karyawan, kesopanan, penampilan fisik,
kelengkapan fasilitas perusahaan dalam melayani permintaan konsumen
yang dapat memberikan kesan yang positif terhadap konsumen karena
akan tercapai kenyamanan dalam diri konsumen sehingga akan mampu
menyebabkan konsumen melakukan keputusan pembelian
C. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan:
1. Apakah ada pengaruh marketing mix (produk, harga, lokasi, promosi)
terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian buku di Tazkia Book Network
2. Apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen
dalam melakukan pembelian buku di Tazkia Book Network
3. Apakah ada pengaruh marketing mix (produk, harga, lokasi, promosi)
dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan
pembelian buku di Tazkia Book Network
4. Faktor manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan
konsumen dalam melakukan pembelian buku di Tazkia Book Network
D. Tujuan Penelitian
Tujuan merupakan hal yang sangat penting dalam suatu penelitian
sehingga dengan tujuan penelitian akan dapat bekerja secara terarah baik
dalam mencari data dan pemecahan masalah, adapun tujuan dari penelitian
tersebut adalah:
1. Untuk mengetahui pengaruh marketing mix (produk, harga, lokasi,
promosi) terhadap keputusan konsumen dalam Membuat keputusan melakukan pembelian di Tazkia Book Network.
2. Untuk mengetahui pengaruh marketing mix (produk, harga, lokasi,
promosi) dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam
melakukan keputusan pembelian di Tazkia Book Network.
3. Untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan dan
berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di Tazkia Book Network.
E. Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian yang dilakukan adalah:
1. Bagi Pihak Tazkia Book Network
Sebagai pedoman atau pertimbangan pihak Tazkia Book Network
dalam menyempurnakan kebijaksanaan yang berhubungan dengan
faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.
2. Bagi Pihak Lain
Sebagai pedoman dalam melaksanakan penelitian berikutnya.
3. Bagi Konsumen
Sebagai bahan pertimbangan dengan kualitas barang yang ditawarkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar