Nama :
Andriani Juanurly
NPM :
10210756
Judul :
Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Pada Convenience
Store 7eleven
Penulis: Chaulanissa, Cyndia
Tanggal: 5-May-2012
Motivasi : Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari
faktor Produk, Harga, Tempat, Promosi, Kebudayaan, Sosial, Pribadi, dan
Psikologis terhadap keputusan pembelian pada convenience store 7ELEVEN. Teknik
pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner yang berhasil
dikumpulkan berasal dari 150 responden, dan yang dapat digunakan adalah 125
kuesioner. Teknik penetapan responden menggunakan teknik sampel acak sederhana.
Pada tahap analisis dilakukan uji reliabilitas dan validitas, uji normalitas,
uji model fit dan uji regresi. Aplikasi SPSS 17 dan AMOS 18 digunakan untuk
membantu pengujian model ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada lima faktor
yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada
convenience store 7-Eleven yaitu faktor produk, lokasi, promosi, sosial, dan
psikologis. Sedangkan untuk 3 faktor lainnya yaitu faktor harga, budaya dan
pribadi tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian
pada convenience store 7-Eleven.
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku
konsumen yang terdiri dari faktor
Produk, Harga, Tempat, Promosi, Kebudayaan, Sosial,
Pribadi, dan Psikologis terhadap
keputusan pembelian pada convenience store 7ELEVEN.
Teknik pengumpulan data dengan
penyebaran kuesioner. Kuesioner yang berhasil
dikumpulkan berasal dari 150
responden, dan yang dapat digunakan adalah 125
kuesioner. Teknik penetapan responden
menggunakan teknik sampel acak sederhana.
Pada tahap analisis dilakukan uji
reliabilitas dan validitas, uji normalitas, uji model fit
dan uji regresi. Aplikasi SPSS 17 dan
AMOS 18 digunakan untuk membantu pengujian
model ini.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada
lima faktor yang memiliki pengaruh
secara signifikan terhadap keputusan
pembelian pada convenience store 7-Eleven yaitu
faktor produk, lokasi, promosi,
sosial, dan psikologis. Sedangkan untuk 3 faktor
lainnya yaitu faktor harga, budaya
dan pribadi tidak memiliki pengaruh secara
signifikan terhadap keputusan
pembelian pada convenience store 7-Eleven.
Latar Belakang Masalah
Dalam
dunia bisnis, strategi marketing memang mempunyai peranan yang sangat penting.
Salah satu peranannya bagaimana mendapatkan perhatian dan ketertarikan dari
calon konsumen. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memilih beberapa cara
ekstrim untuk menarik simpati para konsumen.
Dengan
semakin majunya peradaban manusia dan perubahan lingkungan yang terjadi setiap
saat akan membawa perubahan terhadap perilaku perubahan manusia baik secara
individual atau sosial. Perilaku kehidupan yang selalu berubah ini yang
dipengaruhi adanya perkembangan teknologi
yang mempengaruhi perilaku dan pola hidup konsumen dalam memilih barang dan tempat untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya. Globalisasi merupakan realita
yang harus dipahami oleh para pemasar. Hal tersebut membawa dampak
persaingan yang semakin ketat dalam berusaha untuk mendapatkan konsumen dari
setiap barang dan jasa yang dipasarkan.
Perkembangan
dunia perdagangan dewasa ini sangat besar pengaruhnya terhadap pola hidup
masyarakat, begitu pula dengan marketing mix yang juga semakin beragam. Konsumen diberikan kemudahan untuk mendapatkan
barang-barang yang sesuai dengan hoby konsumen tersebut contohnya
seperti dirrect selling yaitu penjualan langsung atau face to face. Dewasa ini semakin diyakini
bahwa kunci utama untuk memenangkan
persaingan adalah memberikan nilai dan kepuasan pelanggan melalui penyampaian produk dan
jasa, kualitas pelayanan dan harga yang bersaing. Dalam persaingan yang semakin
ramai akan menjadikan kualitas pelayanan
sebagai aspek penting dalam melangsungkan kegiatan perusahaan.
Didalam dunia bisnis
penjualan atau pemasaran sangat penting, sehingga banyak cara yang sering
ditempuh untuk memperbaiki sistem penjualan di sebuah perusahaan. Seiring
dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat, banyak perusahaan yang
menggunakan atau memanfaatkan teknologi tersebut dalam memperbaiki sistem di
perusahaan tersebut.
Pada dasarnya Tazkia
adalah perusahaan yang berbasis Syariah dan Tazkia memiliki beberapa group,
yaitu Tazkia Tour and Travel, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia, Tazkia
Publishing, Tazkia Book Netwok, dan lain-lain. Tazkia book network adalah salah
satu dari Tazia Group, dan Tazkia Book Network adalah satu-satunya distributor
dari buku yang diterbitkan oleh Tazkia Publishing, dengan sistem Directselling (penjualan secara
langsung).
Saat ini buku yang
diterbitkan oleh Tazkia Publishing dan didistribusikan oleh Tazkia Book Network
adalah Ensiklopedia Leadership & Manajemen
Muhammad SAW, “The super Leader Super Manajer” dan Ensiklopedia Peradaban Islam. Buku yang diterbitkan oleh Tazkia
adalah buku asli karya anak bangsa dan bukan terjemahan.
Penulis dari buku –
buku yang diterbitkan oleh Tazkia Publishing dan didistribusikan oleh Tazkia
Book Network adalah karya Dr. Muhammad Syafii Antonia dan Tim Tazkia. Karena
buku yang di terbitkan oleh Tazkia adalah Buku yang bertemakan tentang islam,
maka pembaca dari buku-buku Tazkia adalah
orang-orang yang beragama islam atau umat muslim.
Dengan
ini penulis memberikan pandangan tentang kekauratan marketing mix yang
dilakukan para marketing di Tazkia Book Network untuk mempromosikan atau
menjual buku secara direct selling (Penjualan Langsung)
Oleh
karena itu, Saya penulis merasa tertarik untuk mengkaji
lebih mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang
dilakukan di Tazkia Book Network dengan mengambil judul “PENGARUH MARKETING
MIX DAN KUALITAS
PELAYANAN
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM PENJUALAN BUKU DI TAZKIA BOOK
NETWORK”
B.
Pembatasan Masalah
Untuk
mempermudah dan menghindari kemungkinan terjadinya
kesalahan
dalam penafsiran judul, maka masalah-masalah dalam penelitian
ini
dibatasi pada :
1.
Marketing mix menurut (Philip Kotler, 1997:82) yaitu, Produk, harga
lokasi
dan promosi karena adanya keterbatasan waktu peneliti hanya
akan
meneliti empat faktor yang merupakan atribut-atribut Ensiklopedia di Tazkia
Book Network. Empat faktor tersebut adalah produk, harga, lokasi,
promosi.
2.
Kualitas pelayanan menurut (Philip Kotler, 2001:49) mengemukakan
bahwa
kualitas pelayanan terdiri dari dua sisi, yaitu produsen dan dari
konsumen.
Karena adanya keterbatasan peneliti hanya akan meneliti
tentang
keramahan, kecakapan karyawan, kesopanan, penampilan fisik,
kelengkapan
fasilitas perusahaan dalam melayani permintaan konsumen
yang
dapat memberikan kesan yang positif terhadap konsumen karena
akan
tercapai kenyamanan dalam diri konsumen sehingga akan mampu
menyebabkan
konsumen melakukan keputusan pembelian
C.
Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan:
1.
Apakah ada pengaruh marketing mix (produk, harga, lokasi, promosi)
terhadap
keputusan konsumen dalam melakukan pembelian buku di Tazkia Book Network
2.
Apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen
dalam
melakukan pembelian buku di Tazkia Book Network
3.
Apakah ada pengaruh marketing mix (produk, harga, lokasi, promosi)
dan
kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan
pembelian
buku di Tazkia Book Network
4.
Faktor manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan
konsumen
dalam melakukan pembelian buku di Tazkia Book Network
D.
Tujuan Penelitian
Tujuan
merupakan hal yang sangat penting dalam suatu penelitian
sehingga
dengan tujuan penelitian akan dapat bekerja secara terarah baik
dalam
mencari data dan pemecahan masalah, adapun tujuan dari penelitian
tersebut
adalah:
1.
Untuk mengetahui pengaruh marketing mix (produk, harga, lokasi,
promosi)
terhadap keputusan konsumen dalam Membuat keputusan melakukan pembelian di
Tazkia Book Network.
2.
Untuk mengetahui pengaruh marketing mix (produk, harga, lokasi,
promosi)
dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam
melakukan
keputusan pembelian di Tazkia Book Network.
3.
Untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan dan
berpengaruh
terhadap keputusan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di Tazkia Book
Network.
E.
Manfaat Penelitian
Manfaat
yang diharapkan dari penelitian yang dilakukan adalah:
1.
Bagi Pihak Tazkia Book Network
Sebagai
pedoman atau pertimbangan pihak Tazkia Book Network
dalam
menyempurnakan kebijaksanaan yang berhubungan dengan
faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.
2.
Bagi Pihak Lain
Sebagai
pedoman dalam melaksanakan penelitian berikutnya.
3.
Bagi Konsumen
Sebagai
bahan pertimbangan dengan kualitas barang yang ditawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar